Anda tentu mengetahui tentang PayPal, sebuah situs pembayaran online paling terpercaya sejak runtuhnnya Liberty Reserve. PayPal datang sebagai payment processor yang memberi solusi atas pembayaran transaksi lintas negara karena keterbatasan ruang dan waktu, serta mustahilnya seseorang mengirim uang kepada orang lain yang berbeda negara melalui transfer bank. Meski mungkin seseorang dapat mengirim uang kepada orang berbeda negara dengan ekspedisi, namun membutuhkan waktu yang lama dan biaya dan tidak sedikit. Keberadaan PayPal di klaim memudahkan transaksi pembayaran yang dilakukan oleh pihak lintas negara, didukung oleh kemajuan teknologi informasi dan komunikasi memungkinkan seseorang mengirim uang kepada orang yang jauh tempatnya hanya dengan sekali klik.
Eksistensi PayPal mengalahkan Western Union, karena kemudahannya yang membuat setiap orang dapat mengirim uang kepada orang lain yang berbeda negara dengan syarat terkoneksi ke jaringan internet, sedangkan Western Union dinilai tidak praktis karena pengguna harus datang ke kantornya untuk bertransaksi keuangan dengan orang yang jauh tujuannya. Hampir setiap netter yang gemar bertransaksi memilih menggunakan PayPal, baik itu untuk kepentingan bisnis online, menerima gaji, hingga pembayaran barang dan jasa.
Namun jika kita ingin menggunakan uang yang dikirim seseorang melalui PayPal, apa yang harus dilakukan? Bagaimana cara mencairkan uang yang ada di PayPal tersebut? Tentu ini menjadi pertanyaan dasar bagi seorang pengguna baru PayPal. Dulu, PayPal memfasilitasi membernya yang ingin mencairkan uangnya dengan menggunakan kartu kredit yang datanya sudah di input ke rekening PayPal masing-masing pengguna. Ini menjadi masalah baru karena tidak semua orang memiliki dan mau memiliki kartu kredit. Seseorang tidak mau memiliki kartu kredit karena proses pembuatannya yang rumit terutama yang belum memiliki pekerjaan tetap. Selain itu, bunga yang harus dibayarkan pengguna kartu kredit juga membuat banyak orang enggan memilikinya.
Lantas bagaimana solusinya? Mungkin karena adanya masukan dari banyak member, PayPal akhirnya membuat kebijakan baru, yaitu member dapat mencairkan dana yang ada di dalam saldonya ke rekening bank masing-masing pengguna. Ini menjadi solusi terbaik untuk mencairkan dana karena hampir semua orang yang berkartu identitas kewarganegaraan memiliki rekening bank. Bagaimana cara menambah rekening bank di PayPal kita? Jika mengikuti arahan yang diberikan PayPal dan sumber-sumber seperti wwebsite dan blog secara umum, beginilah kira-kira langkahnya :
1. Login ke PayPal, setelah masuk beranda arahkan kursor ke menu "Profile" (jangan di klik) lalu pilih "Add/Edit Bank Account"
2. Jika anda adalah pengguna baru yang tidak pernah menginput rekening bank sebelumnya, setelah langkah pertama anda akan diarahkan ke halaman yang berisi formulir pendaftaran rekening bank. Isi sesuai data yang diminta meliputi :
-Country (biasanya sudah otomatis terisi sesuai dengan negara ketika anda mendaftar PayPal)
-Name on account (harus sama dengan nama yang ada di rekening bank anda, kalau tidak akan di denda)
-Bank Name (klik pada tulisan bertautan "
What's this?" yang ada di samping kolom Kode Bank,
pilih nama bank anda dan masukkan sesuai dengan yang ada di daftar "What's this?". Disini saya mencontohkan bank BRI, masukkan namanya "PT. BANK RAKYAT INDONESIA (Persero) Tbk)
-Bank Code (sama seperti Nama Bank, ambil kodenya di tulisan bertautan "
What's this?", untuk kode bank BRI adalah 0020307)
-Account number dan Re-enter account number (masukkan nomor rekening anda)
3. Klik "Continue", anda akan diarahkan ke halaman konfirmasi kebenaran rekening bank. Klik saja "Save" dan cek email anda.
Sayangnya, cara itu tidak sepenuhnya berhasil bagi nasabah bank BRI (mungkin juga bank lainnya). Jika anda menerapkan, akan terdapat kejanggalan di email konfirmasi yang anda terima. Coba lihat screenshoot email yang saya terima
disini. Terlihat pada lingkaran merah bertuliskan "U.S. Bank Account Added". Padahal BRI merupakan bank dari Indonesia bukan Amerika. Masalah ini jangan dianggap remeh karena bisa disebut sebagai kesalahan fatal, anda tidak akan bisa mencairkan dana PayPal dengan adanya ketimpangan informasi seperti ini.
Lalu bagaimana penyelesaiannya? Setelah saya mencari informasi, akhirnya berhasil menemukan cara yang sangat akurat dan dapat menginput informasi bahwa BRI tercantum sebagai bank di Indonesia. Caranya sangat sederhana, masalahnya ada di kode bank BRI. Kode yang tercantum disitu adalah kode bank BRI secara umum atau milik pusat, sedangkan BRI terdiri dari berbagai cabang yang diakui. Adapun caranya adalah dengan mengganti 4 digit pertama kode bank yang tertera di link "
What's this?" (kode bank BRI yaitu 0020307) dengan 4 digit pertama nomor rekening bank anda.
Misalnya nomor rekening bank BRI saya 005112345678900. Sedangkan 4 digit angka pertama yang harus diganti itu adalah "0020". Maka setelah diganti, kode banknya adalah "0051307", bukan 0020307 lagi. Digit-digit angka setelah diganti itulah yang harus dimasukkan ke kolom Code Bank di formulir penambahan rekening bank pada akun PayPal anda. Setelah itu ikuti langkah seperti diatas. Setelah di simpan, secara kilat PayPal mengirimkan email konfirmasi, periksa dan lihatlah, tulisannya sudah "Indonesia Bank" seperti screenshoot dibawah ini.
|
Menambah Rekening Bank BRI di PayPal.com |
Maka anda sudah dapat mencairkan saldo di akun PayPal anda ke rekening bank dengan cepat dan mudah. Sayangnya untuk dapat mencairkan saldo ke rekening bank, akun PayPal anda harus mendapatkan status terverifikasi, dimana anda diharuskan memasukkan data kartu kredit. Jika anda tidak memiliki dan tidak mau memiliki kartu kredit, nantikan dan baca post saya tentang
Cara Mendapatkan Status Verified di PayPal.com.
Sekian tutorial dari saya, semoga dapat memecahkan masalah penambahan rekening bank di akun PayPal anda.
Wassalamualaikum Wr.Wb.