Paidverts mengalami beberapa perubahan dalam sistemnya. Perubahan yang paling signifikan adalah cara proses klik iklan dan melihat iklan. Saya akan mencoba bandingkan sistem klik dan lihat iklan sebelum dan sesudah perubahan. Sebelum perubahan, hal pertama yang harus dilakukan member ketika melihat iklan yang dikreditkan ke akunnya yaitu klik "View Bonus Ads". Lalu terdapat 3 kotak berisi tulisan, dimana tulisan-tulisan tersebut harus ditulis dengan karakter yang sama pada kotak kosong yang telah disediakan. Kotak kosong ini berfungsi untuk memverifikasi apakah member benar-benar manusia atau bukan (seperti robot dan lain sebagainya). Dulu pada kotak pertama dan kotak kedua member menggunakan sistem blok dan copy, lalu dipastekan ke kotak kosong dibawahnya. Sedangkan tulisan pada kotak ketiga berfungsi seperti captcha, artinya tidak dapat diblok dan disalin. Hanya bisa diketik tangan secara manual pada kotak kosong dibawahnya.
Cara ini dipastikan memunculkan masalah baru yang ada hubungannya dengan kotak ketiga sebagai captcha. Iklan yang dikreditkan ke sebuah akun tidak semuanya merupakan iklan milik perusahaan-perusahaan yang berinvestasi di MTV, yang biasanya merupakan perusahaan besar. Bisa jadi iklan tersebut merupakan bulk ads yang dibeli oleh member Paidverts dengan harga $1, agar bisa mendapatkan BAP lebih banyak. Bulk ads tersebut mirip dengan iklan yang dibuat oleh perusahaan investor. Perbedaan dari iklan milik perusahaan investor dan bulk ads milik member PV sebenarnya terlihat dari kualitas iklan. Jika tulisan pada kotak milik perusahaan investor biasanya rapi dan terstruktur, lain halnya dengan bulk ads yang dibuat oleh member dengan tujuan menambah BAP. Member seringkali membuat karakter acak yang sulit dibaca. Tulisan yang sulit terbaca tersebut mungkin tidak akan menimbulkan masalah di kotak pertama dan kedua yang menerapkan sistem blok-copy-paste. Tetapi akan sangat sulit disalin jika berada di kotak ketiga yang notabene adalah captcha, tidak bisa di copy dan member harus mengetik secara manual karakter yang sulit dibaca tersebut.
Solusi pertama yang dibuat oleh staff Paidverts adalah pengadaan tombol "Swap ad". Swap ad berfungsi untuk mempermudah proses melihat iklan. Jika seorang member kesusahan dalam mengetik captcha yang berbentuk kotak ketiga karena tulisannya acak dan susah untuk dibaca, atau karena tulisan tersebut ditulis dalam bahasa asing yang sulit dipahami. Iklan akan diganti dengan nilai yang sama namun isi iklannya berbeda. Swap ads juga berfungsi untuk mengganti konten iklan yang dirasa tidak tepat dengan latar belakang seseorang. Misalnya seorang member muslim mendapat iklan yang berisikan konten porno dengan nilai iklan $1. Member itu merasa resah dengan iklan yang tidak seronoh tersebut. Maka dia mengklik tombol "Swap ad" yang ada dibagian bawah halaman View Bonus Ads dan server secara otomatis mengganti iklan tersebut dengan iklan baru. Misalnya diganti dengan iklan peralatan rumah tangga, namun nilai iklannya tetap $1.
Disinilah mulai terjadi perubahan pada sistem klik dan lihat iklan Paidverts. Tak selang beberapa lama, Paidverts membuat perubahan lagi dengan menambahkan captcha yang benar-benar captcha yang dibantu oleh pihak ketiga, yaitu Solve Media. Captcha ini diletakkan dibawah verifikasi kotak ketiga. Kotak ketiga beralih fungsi tidak lagi sebagai captcha namun sudah bisa di blok dan dicopy-paste seperti kotak pertama dan kedua. Karakter pada kotak ketiga benar-benar tulisan, bukan lagi berwujud gambar seperti pada sebelumya. Sedangkan pada kotak pertama dan kedua sama sekali tidak terdapat perubahan. Dengan adanya captcha dari pihak ketiga ini diharapkan proses melihat iklan akan lebih mudah dilakukan dan tidak menimbulkan masalah.
Namun ternyata teknisi salah kaprah, masalah yang timbul justru lebih serius. Karena captcha didatangkan dari pihak ketiga membutuhkan waktu lebih lama, terkadang proses memuat halaman iklan menjadi lebih lama dan tidak jarang menyebabkan error seperti gambar captcha yang tidak keluar, karena berbenturan dengan proses memuat ketiga kotak deskripsi iklan. Ketika member memverifikasi captcha, ini juga menyebabkan error dan berpengaruh terhadap keadaan tombol melihat iklan. Solusi yang diambil oleh teknisi PV kemudian adalah mengubah letak captcha Solve Media dari yang awalnya terletak pada halaman tiga kotak verifikasi yang berisi deskripsi singkat tentang iklan dipindah ke halaman selanjutnya dimana seorang member harus menunggu selama 30 detik. Solusi ini diklaim menjadi yang terbaik dan final serta diterapkan sampai sekarang.
Apa keuntungannya menerapkan solusi ini? Bug yang sebelumnya bermasalah akhirnya dapat diselesaikan. Proses pemuatan iklan pada tiga kotak verifikasi jadi lebih mudah dan ringan, serta meningkatkan produktifitas karena sembari menunggu 30 detik untuk melihat iklan member juga dapat menunggu proses pemuatan captcha dari Solve Media serta mengisi karakternya. Setelah tantangan captcha Solve Media diselesaikan dan waktu menunggu iklan selama 30 detik selesai, seperti biasa timer tersebut akan berubah dengan tombol "Confirm". Setelah mengklik tombol tersebut, member secara tidak langsung menyelesaikan 2 hal, yaitu captcha yang membuktikan bahwa kita benar-benar manusia serta proses melihat iklan secara 30 detik. Disinilah nilai efektifitasnya. Setelah itu uang akan langsung dikreditkan ke saldo member sesuai kuantitas iklan.
Tidak hanya sampai situ, perubahan menjadi lebih mudah dengan adanya tombol silang disamping tiga kotak verifikasi tulisan. Biasanya member harus menerapkan sistem blok-copy-paste agar website tahu bahwa kita benar-benar manusia bukan robot. Namun dengan adanya captcha Solve Media di halaman menunggu 30 detik, pendeteksian akan lebih mudah dilakukan. Ketiga kotak verifikasi tulisan tersebut sejatinya sudah tidak diperlukan lagi dengan adanya captcha Solve Media, hanya sebagai deskripsi singkat dari pengiklan tentang konten yang di iklankan. Sebagai formalitas belaka, tiga kotak itu tidak dihapus agar pengiklan tetap dapat memberikan deskripsi singkat tentang iklannya. Untuk memudahkan member dan meningkatkan efektifitas penggunaan waktu, tiga kotak sekarang tidak harus di blok-copy dan paste seperti dulu. Pelihat iklan cukup mengklik tombol silang di samping tiap-tiap kotak tersebut, secara otomatis kotak kosong akan terisi dan tanda silang berubah menjadi centang, menandakan proses melihat deskripsi singkat telah selesai dan siap menuju halaman menunggu 30 detik.
Update terbaru Paidverts yaitu captcha untuk verifikasi bahwa kita adalah manusia setelah melihat halaman 3 kotak deskripsi singkat iklan, captcha dapat diganti dengan captcha milik Google. Kedua jenis ini baik Google maupun Solvemedia memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Captcha milik Solvemedia terkadang sulit dibaca karena tulisannya sangat rumit, namun cenderung ringan. Sedangkan captcha milik Google sangat mudah dibaca, bahkan sering tidak perlu verifikasi tulisan namun hanya mengklik titiknya saja, dan biarkan server membaca sampai titik itu berubah menjadi karakter centang. Namun karena banyak yang menggunakan captcha Google ini, proses verifikasi berlangsung lebih lama terlebih bagi anda yang menggunakan koneksi internet yang lemah. Untuk mengganti jenis captcha, silahkan klik menu "My Account", lalu pilih "Account Data", dan pada "Personal Information" terdapat tulisan "Preffered Captcha" yang awalnya bertuliskan Solvemedia, klik Switch to Google untuk mengganti jenis captcha menjadi milik Google.
Jadi dalam hal ini, baik pengiklan maupun pelihat iklan sama-sama diuntungkan. Pengiklan tetap memberikan deskripsi singkat tentang iklannya, sedangkan kerja pelihat iklan lebih efektif karena cukup mengklik tombol silang merah disamping tiap-tiap kotak verifikasi tulisan, lalu langsung lanjut ke halaman menunggu 30 detik tanpa harus blok-copy-paste seperti dulu. Tidak hanya dalam hal klik dan melihat iklan, beberapa hal lainnya juga berubah. Seperti dihapusnya sistem Milestone atau target kerja yang di postingan sebelumnya saya jelaskan. Padahal Milestone diharapkan untuk menambah semangat member, ketika telah mencapai target tertentu yang ditulis di Milestone, akan mendapatkan imbalan sebagai ganjarannya baik berupa uang maupun BAP. Sayang sekali dengan dihapusnya Milestone ini, member akan kehilangan satu cara cepat mendapatkan uang dan BAP.
Untuk menstabilkan keuangan, PV juga merubah nominal BAP harian yang sekarang tetap jumlahnya, tidak berubah-ubah seperti beberapa bulan yang lalu. Setiap harinya, member akan mendapat jatah iklan BAP sebesar 200, dalam bentuk 8 buah iklan yang masing-masing bernilai 25 BAP. Namun, pajak BAP harian tetap tidak berubah sebanyak 100 BAP. Jadi keuntungan BAP bersih tiap hari jika tidak dicampur dengan BAP dari bulk ads yaitu 100 BAP. Sekali lagi saya ingatkan untuk tetap mengklik semua iklan yang dikreditkan ke akun anda baik yang berupa uang maupun BAP, untuk meningkatkan potensi pendapatan anda. Iklan dengan kuantitas 25 BAP dan $0,005 sangat berharga terutama bagi anda yang masih newbie, tidak boleh diremehkan. Untuk lebih mendapat pendapatan anda di PV, silahkan baca post saya yang berjudul
Jenis Upgrade dan Mode pada Paidverts.com. Oh iya, kabar terbaru semua BAP member PV menjadi 0. Aturan main ini bisa dibaca di post saya "
Update Terbaru Paidverts.com di Tahun Baru 2015".
Demikian post saya, maaf jika penuh dengan tulisan dan terdapat hal yang kurang dimengerti.
Wassalamualaikum Wr. Wb.